Program
Menghitung Bangun Datar dengan Inheritance (Pewarisan)
Inheritance (Pewarisan) adalah
salah satu contoh konsep OOP, yang merupakan suatu proses dimana suatu class yang bisa
disebut super class/ class utama, dapat mewarisi sifat atau ciri-ciri, seperti attribut
dan method, ke dalam class turunannya yaitu sub class. super class/ class utama
akan mewarisi nilai dari attribut ke Class turununan nya atau class lain. Sistem
penurunan sifatnya akan dilakukan secara
hirarki.
Contoh gambar program menggunakan Inheritance/ pewarisan.
Jika sudah mengerti apa itu
Pewarisan, mari kita buat programnya, dengan mengikuti langkah- langkah dibawah
ini.
2. pada tampilan awal project klik
kanan, lalu klik new package
4.selanjutnya klik new class, dan
berinama pada class tersebut, contoh saya menamainya
dengan nama tampilan awal.
Sebagai super class yang akan kita integrasikan dengan sub-sub class
lainnya,
seperti class lingkaran, segitiga, bujursangkar, dan persegipanjang.
Mari kita coba
Masukan contoh script berikut :
package bangundatar;
import java.util.*; //perintah untuk memasukan data dari peralatan input
public class tampilanawal { //nama class yaitu tampilan awal
public static void main(String[] args)
{ //class terbuka dengan tipe data string
int pil; //variable pil, dengan tipe data integer
Lingkaran L = new Lingkaran();
Segitiga S = new Segitiga();
Bujursangkar B = new Bujursangkar();
Persegipanjang P = new
Persegipanjang();
Scanner input = new Scanner(System.in);
for (String x="y";
x.equals("y")||x.equals("y");){ //perulangan for, untuk inputan keputusan
(Y/T), mengulang program
(Y/T), mengulang program
System.out.println("============================="); //menampilkan output
System.out.println(" MENGHITUNG
LUAS BANGUN DATAR ");
System.out.println("=============================");
System.out.println("Input Nomor
Pilihan Anda untuk Menghitung Bangun Datar ");
System.out.println("-------------------------------------------------------");
System.out.println("1.
Segitiga");
System.out.println("2. Bujur
Sangkar ");
System.out.println("3.
Lingkaran");
System.out.println("4. Persegi
Panjang");
System.out.println("5.
Keluar");
System.out.print("Pilihan :
");
pil = input.nextInt();
switch(pil){ //metode switch case untuk menentukan ingin menghitung bangun datar apa
case 1 : S.Segitiga();break;
case 2 : B.Bujursangkar();break;
case 3 : L.Lingkaran();break;
case 4 : P.Persegipanjang();break;
case 5 : System.exit(0);
}
System.out.println();
System.out.print("Tekan (Y)
untuk Menghitung Bangun Datar Yang Lain / (T) untuk keluar : ");
x = input.next(); //inputan keputusan
}
}
}
5. setelah selesai membuat class
tampilan awal,lalu klik new class kembali, dan berinama pada class tersebut
segitiga.
Masukan contoh script berikut :
"package bangundatar;
import java.util.*; //perintah untuk memasukan data dari peralatan input
public class Segitiga extends
tampilanawal { //menghubungakan class tampilan awal dengan class segitiga
public void Segitiga(){
double luas,keliling,alas,tinggi,sisi; //variable luas,keliling,alas,tinggi,sisi bertipe data double supaya bisa menampung inputan angka desimal.
Scanner input = new Scanner(System.in); //perintah untuk membaca data masuk
System.out.println("=========="); //tampilan output
System.out.println("=SEGITIGA=
");
System.out.println("==========");
System.out.println();
System.out.print ("Masukkan alas :
"); //memasukan inputan alas
alas = input.nextDouble(); //inputan alas akan ditampung di var alas
System.out.print ("Masukkan tinggi
:"); //memasukan inputan tinggi
tinggi = input.nextDouble(); //inputan tinggi akan ditampung di var tinggi
System.out.print ("Masukkan sisi :
"); //memasukan inputan sisi
sisi = input.nextDouble();
luas = (alas*tinggi)/2; //mendeklarasikan var luas dengan rumus hitung luas
keliling = (sisi*2)+alas; //mendeklarasikan var keliling dengan rumus hitung keliling
System.out.println("----------------------------------"); //menampilkan output
System.out.println("Luas Segitiga
adalah : "+luas); //menampilkan output & pemanggilan var luas
System.out.println("Keliling
Segitiga adalah : "+keliling);
}
}"
6. setelah selesai membuat class segitiga,lalu
klik new class kembali, dan berinama pada class tersebut bujursangkar.
Masukan contoh script berikut :
package bangundatar;
import java.util.Scanner;
public class Bujursangkar extends
tampilanawal {
public void Bujursangkar(){
double s,luas,keliling;
Scanner input = new Scanner(System.in);
System.out.println("===============");
System.out.println("=BUJUR
SANGKAR=");
System.out.println("===============");
System.out.print("Masukkan sisi :
");
s = input.nextDouble();
luas = s*s;
keliling = 4*s;
System.out.println("---------------------------------");
System.out.println("Luas Bujur
Sangkar adalah : "+luas);
System.out.println("Keliling Bujur
Sangkar adalah : "+keliling);
}
}
7. setelah selesai membuat class bujursangkar,
lalu klik new class kembali, dan berinama pada class tersebut lingkaran
Masukan script berikut :
package bangundatar;
import java.util.Scanner;
public class Lingkaran extends
tampilanawal {
public void Lingkaran(){
double luas,r,keliling,phi = 3.14;
Scanner input = new Scanner(System.in);
System.out.println("=============");
System.out.println("= LINGKARAN
=");
System.out.println("=============");
System.out.println();
System.out.print("Masukkan
jari-jari : ");
r = input.nextDouble();
luas = phi*r*r;
keliling = 2*phi*r;
System.out.println("---------------------------------");
System.out.println("Luas Lingkaran
adalah : "+luas);
System.out.println("Keliling
Lingkaran adalah : "+keliling);
}
}
8. setelah selesai membuat class lingkaran,
lalu klik new class kembali, dan berinama pada class tersebut persegipanjang
Masukan
script berikut :
package bangundatar;
import java.util.Scanner;
public class Persegipanjang extends
tampilanawal {
public void Persegipanjang(){
double p,l,luas,keliling;
Scanner input = new Scanner(System.in);
System.out.println("===============");
System.out.println("=Persegi
Panjang=");
System.out.println("===============");
System.out.print("Masukkan Panjang
: ");
p = input.nextDouble();
System.out.print("Masukkan Lebar :
");
l = input.nextDouble();
luas = p*l;
keliling = 2*(p+l);
System.out.println("---------------------------------");
System.out.println("Luas Persegi
Panjang adalah : "+luas);
System.out.println("Keliling
Persegi Panjang adalah : "+keliling);
}
}
9. Selanjutnya, Klik Compile disemua
Class yang sudah dibuat, jika penulisan Script benar maka akan muncul tulisan
Class compile- no syntax errors, di pojok kiri bawah.
10. jalankan program yang sudah kita
buat, untuk mengetahui hasil outputnya.
Kembali ke
tampilan project, lalu klik kanan pada class tampilanawal, lalu klik
void main (string[]args)
hasil output, menampilkan program menghitung
bangun datar dengan Inheritance/pewarisan.
Komentar
Posting Komentar