Program Menghitung Bangun Datar dengan Inheritance (Pewarisan)

Program Menghitung Bangun Datar dengan Inheritance (Pewarisan)

Inheritance (Pewarisan) adalah salah satu contoh konsep OOP, yang merupakan suatu proses dimana suatu class yang bisa disebut super class/ class utama, dapat mewarisi sifat atau ciri-ciri, seperti attribut dan method, ke dalam class turunannya yaitu sub class. super class/ class utama akan mewarisi nilai dari attribut ke Class turununan nya atau class lain. Sistem penurunan sifatnya akan dilakukan secara hirarki.


Contoh gambar program menggunakan Inheritance/ pewarisan.
 

Jika sudah mengerti apa itu Pewarisan, mari kita buat programnya, dengan mengikuti langkah- langkah dibawah ini.

1. Buka aplikasi Blue J
2. pada tampilan awal project klik kanan, lalu klik new package
    
3.selanjutnya berinama pada package tersebut, contoh saya menamainya dengan nama bangundatar.
4.selanjutnya klik new class, dan berinama pada class tersebut, contoh saya menamainya 
   dengan nama tampilan awal. Sebagai super class yang akan kita integrasikan dengan sub-sub class 
   lainnya, seperti class lingkaran, segitiga, bujursangkar, dan persegipanjang.

Mari kita coba
Masukan contoh script berikut :
package bangundatar;
import java.util.*;   //perintah untuk memasukan data dari peralatan input
public class tampilanawal { //nama class yaitu tampilan awal
        public static void main(String[] args) { //class terbuka dengan tipe data string
        int pil; //variable pil, dengan tipe data integer
        Lingkaran L = new Lingkaran();
        Segitiga S = new Segitiga();
        Bujursangkar B = new Bujursangkar();
        Persegipanjang P = new Persegipanjang();
        Scanner input = new Scanner(System.in);
       for (String x="y"; x.equals("y")||x.equals("y");){ //perulangan for, untuk inputan keputusan 
        (Y/T), mengulang program
        System.out.println("============================="); //menampilkan output
        System.out.println(" MENGHITUNG LUAS BANGUN DATAR ");     
        System.out.println("============================="); 
        System.out.println("Input Nomor Pilihan Anda untuk Menghitung Bangun Datar ");
         System.out.println("-------------------------------------------------------");
        System.out.println("1. Segitiga");
        System.out.println("2. Bujur Sangkar ");     
        System.out.println("3. Lingkaran");     
        System.out.println("4. Persegi Panjang");
        System.out.println("5. Keluar");
        System.out.print("Pilihan : ");
        pil = input.nextInt();
                  switch(pil){ //metode switch case untuk menentukan ingin menghitung bangun datar apa
            case 1 : S.Segitiga();break;
            case 2 : B.Bujursangkar();break;
            case 3 : L.Lingkaran();break;
            case 4 : P.Persegipanjang();break;
            case 5 : System.exit(0);
        }
            System.out.println();
            System.out.print("Tekan (Y) untuk Menghitung Bangun Datar Yang Lain / (T) untuk keluar : ");
            x = input.next(); //inputan keputusan
        }
        }
}

5. setelah selesai membuat class tampilan awal,lalu klik new class kembali, dan berinama pada class tersebut segitiga.
Masukan contoh script berikut :
"package bangundatar;
import java.util.*;  //perintah untuk memasukan data dari peralatan input
public class Segitiga extends tampilanawal { //menghubungakan class tampilan awal dengan class segitiga
    public void Segitiga(){
        double luas,keliling,alas,tinggi,sisi; //variable luas,keliling,alas,tinggi,sisi bertipe data double supaya bisa menampung inputan angka desimal.
        Scanner input = new Scanner(System.in); //perintah untuk membaca data masuk
        System.out.println("=========="); //tampilan output
        System.out.println("=SEGITIGA= ");
        System.out.println("==========");
        System.out.println();
        System.out.print ("Masukkan alas : "); //memasukan inputan alas
        alas = input.nextDouble();                     //inputan alas akan ditampung di var alas
        System.out.print ("Masukkan tinggi :");  //memasukan inputan tinggi
      tinggi = input.nextDouble();                    //inputan tinggi akan ditampung di var tinggi
        System.out.print ("Masukkan sisi : ");   //memasukan inputan sisi
        sisi = input.nextDouble();
        luas = (alas*tinggi)/2;    //mendeklarasikan var luas dengan rumus hitung luas
        keliling = (sisi*2)+alas; //mendeklarasikan var keliling dengan rumus hitung keliling
        System.out.println("----------------------------------"); //menampilkan output
        System.out.println("Luas Segitiga adalah : "+luas); //menampilkan output & pemanggilan var luas
        System.out.println("Keliling Segitiga adalah : "+keliling);
       
    }
}"

6. setelah selesai membuat class segitiga,lalu klik new class kembali, dan berinama pada class tersebut bujursangkar.
Masukan contoh script berikut :
package bangundatar;
import java.util.Scanner;
public class Bujursangkar extends tampilanawal {
    public void Bujursangkar(){
        double s,luas,keliling;
        Scanner input = new Scanner(System.in);
        System.out.println("===============");
        System.out.println("=BUJUR SANGKAR=");
        System.out.println("===============");
        System.out.print("Masukkan sisi : ");
        s = input.nextDouble();     
        luas = s*s;
        keliling = 4*s;
        System.out.println("---------------------------------");
        System.out.println("Luas Bujur Sangkar adalah : "+luas);
        System.out.println("Keliling Bujur Sangkar adalah : "+keliling);
    }  
}

7. setelah selesai membuat class bujursangkar, lalu klik new class kembali, dan berinama pada class tersebut lingkaran
Masukan script berikut :
package bangundatar;
import java.util.Scanner;
public class Lingkaran extends tampilanawal {
    public void Lingkaran(){     
        double luas,r,keliling,phi = 3.14;
        Scanner input = new Scanner(System.in);
        System.out.println("=============");
        System.out.println("= LINGKARAN =");
        System.out.println("=============");
        System.out.println();
        System.out.print("Masukkan jari-jari : ");
        r = input.nextDouble();
        luas = phi*r*r;
        keliling = 2*phi*r;
        System.out.println("---------------------------------");
        System.out.println("Luas Lingkaran adalah : "+luas);
        System.out.println("Keliling Lingkaran adalah : "+keliling);
   }
}

8. setelah selesai membuat class lingkaran, lalu klik new class kembali, dan berinama pada class tersebut persegipanjang
            Masukan script berikut :
package bangundatar;
import java.util.Scanner;
public class Persegipanjang extends tampilanawal {
    public void Persegipanjang(){
        double p,l,luas,keliling;
        Scanner input = new Scanner(System.in);
        System.out.println("===============");
        System.out.println("=Persegi Panjang=");
        System.out.println("===============");
        System.out.print("Masukkan Panjang : ");
        p = input.nextDouble();
        System.out.print("Masukkan Lebar : ");
        l = input.nextDouble();
        luas = p*l;
        keliling = 2*(p+l);
        System.out.println("---------------------------------");
        System.out.println("Luas Persegi Panjang adalah : "+luas);
        System.out.println("Keliling Persegi Panjang adalah : "+keliling);
    }  
}
 
9. Selanjutnya, Klik Compile disemua Class yang sudah dibuat, jika penulisan Script benar maka akan muncul tulisan Class compile- no syntax errors, di pojok kiri bawah.

10. jalankan program yang sudah kita buat, untuk mengetahui hasil outputnya.
    Kembali ke tampilan project, lalu klik kanan pada class tampilanawal, lalu klik void main (string[]args)



hasil output, menampilkan program menghitung bangun datar dengan Inheritance/pewarisan.



 






Komentar